Pengertian DDoS Attack dan Cara Kerjanya | Info Links 301

Selasa, 09 April 2019

Pengertian DDoS Attack dan Cara Kerjanya

Pengertian DDoS Attack dan Cara Kerjanya

Pengertian DDoS

Distributed Denial of Service atau yang biasa disingkat menjadi DDoS, ialah serangan yang dilaksanakan dengan teknik menghabiskan sumber daya target. Dengan habisnya sumber daya, dampaknya ialah target tidak dapat melayani permintaan client sampai-sampai menjadikannya berstatus down.

Ibaratnya bila ada jalan yang melulu muat menampung 2 mobil sedan bertentangan arah, jalan itu di isi dengan 2 truck bertentangan arah. Tentunya tidak akan dapat lewat bukan? Dan hasilnya, truck tidak dapat melewati jalan tersebut.

DDoS Attack ini biasa dilaksanakan secara terus menerus dengan tidak sedikit host penyerang, mengapa? Seperti yang saya katakan tadi, supaya sumber daya server tidak dapat menampung request.

Cara Kerja DDoS

Bagaimana teknik kerja serangan DDoS? DDoS dilaksanakan dengan 3 cara, yakni sebagai berikut.

  • Request Flooding, serangan yang dilaksanakan dengan teknik membanjiri server dengan banyaknya permintaan.
  • Traffic Flooding, serangan yang dilaksanakan dengan teknik membanjiri kemudian lintas jaringan dengan tidak sedikit data.
  • Mengganggu komunikasi server dengan client, dengan teknik merusak komponen server atau mengolah konfigurasi sistem.

Saya ambil misal pada request flooding, yang dengan kata lain membanjiri permintaan. Misalnya terdapat sebuah kumpulan yang menanyakan 10 pertanyaan sekaligus terhadap satu individu, apa yang terjadi pada pribadi tersebut? Tentu tidak dapat menjawab pertanyaan mereka sekaligus bukan?                       

Baca selengkapnya mengenai Serangan DDoS.

Load comments

Get notify via email